Kamis, 20 Oktober 2011

cara menyelesaikan rubik cube 3x3

     Salama sejatrah untuk para Rubik mania!!! dalam blog saya ini, aku akan menjelaskan cara menyelesaikan rubik 3x3 ( ini merupakan sebuah games teka-teki ), tapi sebelum memulainya lebih baik kita tau sekilas sejarahnya dulu ya : story of rubik cube, rubik cube ini di temukan pada tahun 1974 oleh Erno rubik seorang pemahat dan profesor arsitektur hungaria ( pantas saja namanya rubik ) 
    Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya alat pengajaran untuk membantu murid-muridnya memahami objek 3D , tujuan yang sebenarnya adalah memecahkan masalah struktural yang bergerak pada bagian-bagian yang mandiri tanpa mekanisme yang menyebabkan seluruh bagiannya berantakan. Dia tidak menyangka bahwa dia telah menciptakan teka-teki sampai pertama kali dia bergegas Cube baru dan kemudian mencoba untuk mengembalikannya. [12] Rubik memperoleh patennya di Hungaria untuk "Magic Cube"-nya pada tahun 1975.
       Percobaan produksi pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Magic Cube disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya mudah terpisah, tidak seperti magnet dalam desain Nichols's. Pada bulan September 1979, kesepakatan ditandatangani dengan "Ideal Toys" untuk membawa Magic Cube ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada pameran mainan di london, paris, nuremberg, dan New york. sumber: wikipedia.
    
       oke sekrang kita langsung saja, bagai mana kah caranya menyelesaikan rubik cube 3x3: 




dalam permainan rubik 3x3 kita dapat melihat 3 layer ( seperti gambar di bawah ) :


1. tahap pertama yang harus kita lakukan adalah menyelesaikan tahap pertama/ layer pertama, cara menyelesaikannya adalah dengan logika kita, masih belum mengunakan rumus rubik sama sekali ( tapi pasti kan pada layer pertama sisi-sisinya sama semua ).
Contoh:

2. lalu tahap berikutnya setelah layer pertama sudah di selesaikan lalu selesaikan layer ke 2 masih bisa mengunakan logika/  juga dapat mengunakan rumusnya ( gambar di bawah ini akan menjelaskannya bagai mana cara mengunakan rumusnya ) :


pada gambar di atas merupakan tahap tahapan untuk menyelesaikan layer ke 2 setelah sudah selesai langsung lanjut pengerjan ke layer 3.

     Untuk menyelesaikan  layer ke 3 ada :
 4 rumusan yaitu: 
1. rumusan untuk membuat tanda plus (tanda tambah/+) di bagian atas layer ke 3, kita dapat mengunakan rumus ini bila ada kasus pada leyer ke 3 tidak berbentuk plus, atau munculnya tanda minus/ siku siku, maka dari itu rumus ini digunakan untuk mengunakan tanda plus. berikut rumusannya :

setelah itu kita lanjutkan dengan rumusan yang ke 2.

2. rumusan ke 2 ( samakan sisi-sisi tengahnya ) :

setelah sisi sisi tengahnya sudah benar, kita dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu mengerjakan bagian bagian pojoknya.

 3. rumus untuk menyelesaikan bagian pojok/sudut-sudut dari rubik cube: (berikut rumusannya)






2 komentar:

  1. Sipdah makin laku dah lapaknya
    wkwkkw
    nice info gan....

    BalasHapus
  2. Thx bgt satria hehehehe, thx ya gan, nanti dapet hadiah rubik deh wakwakwakwakwak

    BalasHapus